Keutamaan Ayat Kursi: Surah Al-Baqarah: 255

ayat kursi

Ayat Kursi – adalah salah satu ayat di dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak sekali keutamaan. Kedahsyatan keutamaannya sudah terbukti dan banyak diamalkan oleh umat muslim di bumi. Banyak yang mengamalkannya sebagai pengobatan, perlindungan dari gangguan jin dan syetan, pengasihan, kewibawaan, dan ketenangan hati.

Makna dan kandungan yang mendalam menjadi pegangan bagi umat muslim dalam menghadapi segala rintangan. Berisikan kalimat tauhid melambangkan Kebesaran dan keberanian untuk menghadapi permasalahan hidup.

Melantunkan Ayat Kursi identik dengan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Karena sebagai makhluk-Nya kita tak akan pernah tahu kapan bahaya mengancam. Dihindarkan dari perbuatan yang menyimpang, dijauhkan dari orang-orang yang menjerumuskan dari kesesatan.

Hadist tentang Keutamaan Ayat Kursi

Keytamaan

Banyak hadist yang menjelaskan tentang keutamaan dan manfaat Ayat Kursi. Keutamaan itu berpengaruh pada aspek kehidupan umat manusia. Berikut ini adalah rangkuman hadist yang menjelaskan tentang keutamaan Ayat Kursi:

Kunci Masuk Surga Firdaus

Salah satu jalan untuk masuk surge adalah membaca Ayat Kursi setelah sholat. Akan dibukakan pintu surga baginya seperti haddist berikut:

Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44).
Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram). Maksudnya, tidak ada yang menghalanginya masuk surga ketika mati.

Perlindungan dari Bahaya Kejahatan, Jin, dan Sihir

Ayat Kursi digunakan untuk melindungi manusia dari mara bahaya. Hal ini selaras dengan hadist Rasulullah saw:

Dari Anas bin Malik ra. berkata: “Rasulullah SAW bersabda “Umatku yang membaca Ayat Kursi sebanyak 12 kali pada pagi Jumat, kemudian berwudhu dan melaksanakan sholat dua rakaat, Allah memeliharanya dari kejahatan setan dan kejahatan pembesar.”

Ayat Mencerminkan Kepemimpinan

Ayat kursi merupakan ayat paling agung di dalam Al-Qur’an, sehingga dicitrakan sebagai seorang pemimpin.

Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi , “Segala sesuatu itu memiliki puncaknya dan puncak Al-Qur’an ialah surat Al-Baqarah, di dalamnya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat Al-Qur’an yaitu Ayat Kursi” (HR. Tirmidzi)

Doa Paling Mustajab

Ayat Kursi adalah ayat yang banyak dibaca setelah umat muslim menunaikan sholat fardhu, kemudian berdoa hanya untuk Allah SWT. Karena di dalam Ayat Kursi terdapat Asma Allah yang paling agung, yaitu Ya Hayyu, Ya Qoyyum.

Ini selaras dengan hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, “Asma Allah yang paling agung apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam 3 4 yaitu surat Al Baqarah surat Al Imron dan surat Thaha.” (HR. Ibnu Majah)

Ada banyak lagi hadist yang menjelaskan tentang Ayat Kursi, sekitar Sembilan puluh lima hadist yang tidak mungkin dijabarkan di sini.

Hikmah Pengamalan Ayat Kursi

  1. Menurut kitab Assarul Mufidah, barang siapa yang mengamalkan Ayat Kursi delam satu majelis sebanyak 18 kali, insya Allah ia memiliki tauhid yang kokoh, dada dilapangkan untuk menerima hikmah. Diberi kemudahan dalam mencari rezeki, dinaikkan martabatnya. Digunakan dalam mahabbah karena meningkatkan kewibawaan dan kharisma, disenangi banyak orang dari segala mudah.
  2. Syekh Muhyiddin Ibnu Arabi menerangkan dalam Kitab Khawasul Qur’an, barang siapa membaca Ayat Kursi sebanyak 1000 kali dalam sehari semalam selama 40 hari, maka demi Allah, demi Rasul, demi Al-Qur’an yang mulia. Maka Tuhan akan membukakan baginya pandangan rohani, dihasilkan yang dimaksud, dan diberi pengaruh kepada manusia.
amalan
Sholawat untuk Mendatangkan (terbukanya) Pintu Rezeki
keutamaan ayat kursi
Mahabbah: Meningkatkan Daya Kharisma dengan Asmaul Husna
ayat paling agung
Khasiat Surat Al-Fatihah Sungguh Dahsyat!