Cara Meditasi untuk Pemula

cara meditasi mudah untuk pemula

Cara meditasi untuk pemula – Setelah mencari-cari di berbagai sumber, ternyata memang cara meditasi yang satu ini yang paling mudah untuk dilakukaan bagi pemula.

hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengerti dasar dari meditasi terlebih dahulu. Kami tidak akan meminta Anda untuk membacanya, Anda hanyalah harus memahaminya lewat kiat-kiat meditasi berikut ini.

Jika sudah men-set pikiran Anda dengan memahami kiat-kiat dalam meditasi, silakan ikuti langkah-langkah secara runtut berikut ini.

Ingat, keberhasilan dan kegagalan itu bergantung pada Anda! Jadi lakukan dengan baik

Langkah Meditasi Mudah untuk Pemula

Satu hal yang tak kalah penting bagi Anda jika ingin melakukan meditasi adalah meditasi di waktu yang baik.

Waktu yang memang Anda luangkan, baik itu dipagi hari sebelum berangkat kerja atau kapanpun yang Anda luangkan, maksimal 10 menit jika baru pertama kali, selanjutnya berlatih untuk lebih lama.

Kemudian pilihlah tempat yang Anda kehendaki untuk meditasi, usahakan jauh dari gangguan orang, atau anak-anak.

Setelah Ada sudah menemukan waktu yang luang dan tempat cocok bagi Anda untuk bermeditasi, maka ikutilah langkah berikut ini: Duduklah dengan posisi sela (seperti gambar dibawah ini):

1. Posisi Tubuh

Pastikan tulang belakang tegak lurus, jangan membungkuk. Posisikan kaki sela, ujung jari telunjuk dan jempol bertemu seperti pada gambar. Memejamkan mata, jangan dipaksakan, biarkan menutup seperti tidur biasa.

Tempelkan lidah di langit mulut, sembari mengendalikan ritme air liur Anda.

2. Rileks

Jika sudah menempatkan tubuh pada posisi tadi, silakan buat diri Anda senyaman mungkin, tidak ada paksaan atau tegang.
Buatlah tubuh serelaks mungkin, bukan lemas! Jika lemas, maka Anda akan tertidur.

Rileks dalam artian ini adalah tidak ada otot yang tegang, kaki tidak merasa terjepit atau punggung pegal atau kaki kesemutan.
Anda sendiri mungkin akan mengerti jika langsung mempraktikannya.

3. Pernapasan

Satu hal yang tak kalah penting dalam meditasi adalah pernapasan.
Sering terjadi kesalahan di dalam teknik pernapasan, sebenarnya meditasi bisa menggunakan segala macam hitungan pernapasan.

Kunci pernapasan adalah Anda bernapas secara sadar jika Anda bernapas. Senyaman Anda mau menggunakan 1 hitungan (tarik napas), 1 hitungan (buang napas), atau 3 hitungan (tarik napas), 3 hidungan (buang napas), atau yang sering kami rekomendasikan dengan 10 hitungan: 5 hitungan (tarik napas), 5 hitungan (buang napas).

4. Pikiran Sadar

Erat kaitannya dengan pernapasan, sadar dan peka terhadap alam, dengan memperhatikan ritme pernapasan di atas. Rasakan energi alam yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk fase pertama meditasi, silakan jika Anda memerlukan objek bantu seperti musik (iringan instrumen yang gelombangnya tidak lebih dari 7 Hz.), atau aroma terapi untuk membantu menjaga konsentrasi Anda.

Dengan catatan untuk pertama kali Anda boleh menggunakan objek bantu, namun untuk seterusnya usahkan tidak menggunakan karena akan ada ketergantungan pada objek. Padahal yang harus Anda rasakan adalah alam ini, bukan objek bantu.

Yang terakhir adalah melakukan meditasi secara konsisten, istiqomah dan berkelanjutan.