Istri Meremehkan Suami? Ini Cara Menghadapinya

cara menghadapi istri meremehkan suami

Istri Meremehkan Suami – Di dalam rumah tangga, adalah sebuah hal yang wajar berbagai persoalan terjadi. Apakah yang bersifat finansial, hubungan seksual, bahkan yang sifatnya kehormatan. Apabila istri sulit untuk menerima nasihat, suami patut berwaspada karena itu adalah tanda kesombongan, bahkan bisa jadi dikuasai oleh syaitan karena kesombongan adalah syaitan.

Jika istri sampai berani meremehkan atau bahkan merendahkan suami, maka ada hal yang salah dan harus segera diketahui oleh suami. Para suami yang senantiasa diberikan kesabaran, hati Anda mungkin sangat sakit hati jika istri membangkang, mengeluarkan kata-kata kasar, bertindak semaunya hingga tidak bisa diatur.

Karena hakikat suami adalah sebagai pemimpin, mestinya mampu untuk mengendalikan bahtera rumah tangganya. Istri pun harus menghormati dan menjaga kewibawaan suami, karena bagaimanapun suami lah tempat pulang, yang mencari nafkah lahir dan batin.

Meskipun karatkter tersebut sudah bawaan yang dipicu oleh lingkungannya dahulu, baik itu pendidikan orang tua, maupun ketika di lingkungan sosialnya. Namun hal seperti ini masih bisa dirubah, Suami masih bisa mengarahkan istri tanpa harus menyinggung hatinya.

Lalu bagaimana cara menghadapi istri yang suka meremehkan suami?

Cara Menghadapi Istri Meremehkan Suami

cara mengahadapi istri yang meremehkan

Banyak cara untuk menghadapi istri yang durhaka dan meremehkan suami, namun dari banyak cara tersebut belum tentu bisa dilakukan oleh para suami. Karena bagaimanapun yang mengerti dan mengenal istri dengan sepenuhnya adalah suami.

Menyadarkan seseorang istri yang memang memiliki kecenderungan meremehkan bukanlah perkara mudah. Namun perlu diingat, hakikat suami adalah sebagai pemimpin hanya suami sendiri lah yang mampu untuk menyelesaikan masalah di rumah tangga.

Oleh karena itu kami tidak akan memberikan cara yang biasa diberikan di tempat lain. Namun beberapa cara ini kami yakini efektif untuk menghadapi istri yang meremehkan suami. Menyadarkan seseorang istri yang memang memiliki kecenderungan meremehkan bukanlah perkara mudah.

Introspeksi Diri

Hal pertama dan yang paling utama perlu dilakukan suami adalah introspeksi diri. Maksud dari introspeksi diri di sini adalah melihat ke dalam diri Anda, bercerminlah kepada diri Anda.

apakah kekuranganku?
apa kebutuhan istri yang belum aku penuhi?
apakah aku pernah membuat kesalahan fatal dahulu?

Anda bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya personal sesuai dengan itrospeksi diri Anda. Karena bagaimanapun pasti ada sesuatu yang melatar belakangi mengapa istri bersikap demikian.

Introspeksi diri bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, namun apabila memiliki masalah dalam introspeksi diri tidak perlu enggan untuk menanyakan kepada orang terdekat. Orang terdekat ini adalah orang tua, mertua, atau saudara, demi kebaikan bersama tidak ada salahnya dicoba.

Menyesuaikan Sikap

Jika sudah tahu apa kekurangan ataupun kesalahan Anda, cobalah menyesuaikan diri kepada istri. Sikap yang memungkinkan untuk karakter istri yang suka meremehkan dan merendahkan adalah lemah lembut. Ibaratnya Anda mencoba untuk ‘mengetuk hati’ istri untuk dibukakan.

Akan lebih muda jika masalah yang membuat istri Anda bersikap demikian karena ada kebutuhan yang belum tercukupi. Dari proses introspeksi diri sebelumnya Anda mungkin sudah mengerti apa kekurangan Anda. Oleh karena itu hal yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk memenuhi segala kebutuhan istri.

Hal dasar yang harus dipenuhi suami adalah memenuhi hak-hak istrinya. Rasulullah bersabda, “… .Ingatlah, hak – hak mereka atas kalian adalah kalian harus berbuat baik kepada mereka dalam masalah pakaian dan makanan.” (HR. Tirmidzi, dalam Sunan nya, hadits no 1163. Hadist ini hasan shahih).

Namun jika dengan menyesuaikan sikap dan memenuhi kebutuhan istri belum berubah. Maka dapat dilakukan cara berikutnya, namun pastikanlah bahwa Istri Anda memang masih belum berubah atau dalam kata lain ‘bebal”.

Menjaga Jarak dengan Istri (untuk sementara)

Namun jika dengan menyesuaikan sikap dan memenuhi kebutuhan istri belum berubah. Maka cara berikutnya sedikit sulit, namun cara tersebut memang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Diriwayat dari sahabat yang mulia, Abdullah bin Abbas, ia berkata : “Jika si isteri durhaka, hendaklah si suami memisahkan diri dari tempat tidurnya. Jika si isteri sadar dengan cara tersebut, maka masalahnya selesai. Tetapi jika cara tersebut tidak bermanfaat, maka Allah mengizinkan kepada para suami untuk memukul isteri nya dengan pukulan yang tidak melukai, dan janganlah kamu mematahkan suatu tulang pun dari tubuhnya, hingga ia kembali taat kepada mu. Tetapi jika cara tersebut tidak bermanfaat, maka Allah menghalalkan bagi mu untuk menerima tebusan (khulu’) darinya (atau melakukan talaq).”

Diawal kami telah menyinggung bahwa keadaan istri hanya diketahui oleh suami, ketika istri membangkan ketika suami menasehati, misalkan seperti berikut:

ngapain sih sok nasehati kamu aja belum bener, ngapain sih ngasih tahu kamu aja banyak salah, gausah sok bener, terserah aku hidup-hidupku, gausah sok ngatur-ngatur dirimu belum bener…”

Maka para suami sudah sepatutnya waspada, karena istri Anda sudah dikuasai oleh sifat sombong setan. Ini berlaku untuk siapapun dan bagi karakter apapun. Lakukanlah apa yang seharusnya Anda lakukan karena sebagai pemimpin hendaknya bersikap adil dan mandiri.

Mahabbah Sakinah untuk Rumah Tangga

Karena permasalahan rumah tangga tidak akan selesai, akan selalu datang rintangan bagi rumah tangga. Di sini tingkat spiritualitas atau hubungan dengan Yang Maha Kuasa sangat berpengaruh. Apabila seseorang tidak cukup kuat spiritualitasnya, maka hal yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Oleh karena itu, sarana spiritual islami adalah salah satu alternatif terbaik yang bisa dimiliki untuk menjaga ketentraman dalam berumah tangga. Melalui Batu Tasbih Mahabbah Sakinah, ini berisikan energi spiritual yang dapat menjaga rumah tangga dari energi negatif dan emosi negatif.

Batu Tasbih Mahabbah Sakinah adalah sarana spiritual islami. Alternatif bagi pasangan rumah tangga ang ingin sakinah mawaddah warohmah, menjadikan rumah tangga tenteram, harmonis suasana damai, aman, nyaman, dan suami/istri betah di rumah.

Di sinilah pentingnya menjaga hubungan rumah tangga, agar tidak terjadi keretakan yang berakibat jangka panjang. Oleh karena itu Batu Tasbih Mahabbah Sakinah dengan pancaran energi ilahiyah, membuat keluarga lebih tenteram dan damai. Meluluhkan hati pasangan yang awalnya sangat emosi menjadi lebih simpati, ketika ada masalah pun akan dibicarakan baik-baik. Silakan baca selengkapnya DI SINI