Keris: Senjata Pusaka Indonesia

keris

Keris senjata pusaka Indonesia – Baru-baru ini jagat dunia maya dihebohkan oleh tagar #savekeris, yang menjadi topik trending di twitter. Rasa kebanggaan dan rasa memiliki warisan budaya ini tiba-tiba muncul di jiwa para netizen.

Dilansir dari Detik.com pada hari selasa (4/8/2020) tagar keris mencapai 4.446 cuitan, dari berbagai kiriman ini ada yang menyertakan video seseorang yang memusnahkan keris. Video itu memperlihatkan seember keris yang dipatahkan menggunakan mesin gerinda.

Tak banyak yang tahu sebelumnya apa motif orang di dalam video memusnahkan keris-keris itu. Yang pasti netizen menyatakan rasa marah dengan berbagai ekspresi, padahal belum tentu juga mereka melestarikannya. Namun entah mengapa budaya trending ini seketika membuat mereka merasa bahwa pemusnahan keris adalah pelecehan terhadap budaya Indonesia.

Akan tetapi, diketahui bahwa unggahan video pemusnahan keris sudah dilakukan pada 11 September 2018 oleh akun YouTube Rumah Terapi Yasmina dengan judul ‘Pemusnahan Jimat-jimat oleh Tim Ruqyah Al Anshor’. Yang berlokasi di Kemiling Permai, Lampung, keris-keris itu dimusnahkan karena dianggap keramat dan bisa menjerumuskan kepada kesyirikan.

Ada apa dengan Keris?

Sebelumnya keris ini dianggap sebagai barang klenik, atau benda keramat yang bisa memengaruhi pemiliknya kepada kesyirikan.

Pandangan dan perspektif berbeda muncul dari seorag politikus sekaligus pengamat keris, Fadli Zon. Beliau adalah Ketua Umum Sekretariat Nasioanal Perkerisan Indonesia (SNKI).

Fadli Zon menegaskan, anggapan bahwa keris adalah barang klenik adalah anggapan yang salah. Yang benar, keris ini adalah warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage/ICH) pada 2008.

Beliau menuturkan bahwa keris tidak bisa dibenturkan dengan agama, walisongo saja penyebar agama memiliki keris. Dalam peperangan yang menggunakan simbol islam, pahlawan dulu juga memakai keris, misal Pangeran Diponegoro memakai keris, Tuanku Imam Bonjol memakai keris, dan Teuku Umar juga memakai keris.

Sudah semestinya kita sebagai penerus bangsa hendaknya melestarikan budaya, meskipun tidak harus memiliki setidaknya menghormati sebagai warisan para leluhur. Karena bagaimana pun keris ini bukan sekadar alat untuk berperang, namun juga simbol beberapa pahlawan islam di Nusantara.

Keris Istimewa

Benarkah ada jenis keris yang memiliki tuah, atau kuasa?

Sebenarnya keris ini dibuat oleh empu, seorang empu sejati yang membuat keris bertuah akan melakukan tirakat dan puasa khusus sebelum membuat keris saktinya. Oleh karena itulah yang membuat senjata keris ini sangat istimewa, tidak dibuat sembarangan dengan jumlah yang banyak.

Seorang empu yang membuat keris bisa menghabiskan waktu yang sangat panjang, berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Tergantung dengan pamor yang dipesan oleh seseorang. Dalam proses pembuatan keris inilah yang diyakini ada energi spiritual yang terhimpun dalam setiap tempaan dan motif keris tersebut.

Energi spiritual yang terkumpul selama proses pembuatan keris itu jika cocok, akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupannya. Biasanya orang yang cocok dengan energi keris ini akan memiliki kewibawaan, kerezekian, dan pengasihan yang tinggi.

Hal ini sudah terbukti di banyak tempat, bahkan tak sedikit yang mengunggah pengalamannya di kanal YouTube dan media sosial lainnya. Menarik kerezekian dengan memanfaatkan energi benda bertuah mungkin sudah menjadi rahasia umum.

Keris Omyang Jimbe dan Keris Nogososro adalah salah dua keris yang sangat populer di Nusantara. Menjadi populer karena dua keris tersebut adalah keris yang memberi banyak manfaat. Yang jelas energi ini berasal dari Yang Maha Kuasa, atas kehendak-Nya apapun bisa terwujud, sekalipun yang tidak masuk akal.

Keris Nogososro Joyo Ningrat

Keris Nogo Sosro Joyo Ningrat merupakan salah satu keris istimewa yang legendaris. Keris ini juga merupakan keris peninggalan Majapahit buatan empu Kinoom.

Keris ini berisi energi yang berhubungan dengan kekuasaan, kewibawaan, dan meningkatkan kharisma. Oleh karena itu jenis keris ini banyak diburu oleh orang-orang yang ingin memperoleh jabatan di pemerintahan.

Kabarnya, Keris Nogososro ini pernah dimiliki oleh Presiden pertama Indonesia, yakni Ir. Soekarno. Untuk mengetahui tentang Keris Nogo sosro joyo ningrat silakan baca DI SINI

Keris Omyang Jimbe

Keris Omyang Jimbe, pusaka dengan daya pesugihan yang berisi khodam trah Omyang Jimbe. Energi dari khodam omyang jimbe digunakan untuk mendapatkan kekayaan melimpah. Keris Omyang Jimbe dibuat khusus oleh Ki Sabrang Alam diperuntukkan kepada orang-orang yang ingin kaya, dilancarkan rezeki, kewibaan, kehormatan, dan kesejahteraan.

Pusaka ini sangat cocok dimiliki bagi siapa saja yang memiliki masalah keuangan, sering direndahkan orang lain, bekerja siang malam namun belum juga diberikan kekayaan. Semua usaha telah Anda lakukan tapi hasilnya biasa-biasa saja. Hal ini karena ada energi negatif yang menutupi ‘jalan masuk’ kerezekian Anda. Selengkapnya silakan baca DI SINI

Ajian Semar Kuning, Tak Banyak yang Tahu Ajian ini!
Sholawat untuk Mendatangkan (terbukanya) Pintu Rezeki
JIMAT KALIMASADA: Jimat Islami Kalimat Syahadat?