Kitab Mujarobat: Khasiat dari Amalan ayat-ayat Al-Qur’an

kitab mujarobat

Kitab Mujarobat atau kitab dengan judul asli Fath al-Mulk al Majid al-Mu’allaf li Naf’il Abid wa Qam’i Kulli Jabbarin’Anid (Pembuka kekuatan Allah Sang Maha Agung untuk Kebermanfaatan Hamba dalam Menghadapi Penguasa yang Menindas dan Keras). Kitab ini ditulis oleh Syekh Ahmad ad-Dairobi, kala itu dikenal sebagai ahli agama di Mesir. Dipandang sebagai orang yang alim, sehingga masyarakat pada kampung di mana Syekh Ahmad ad-Dairobi tinggal mengikuti apa yang diajarkan oleh beliau.

Sejarah Kitab Mujarobat

Pada saat itu Syekh Ahmad ad-Dairobi mendapati kampung pemukimannya akan dirampas oleh penguasa bengis yang zalim. Syekh Ahmad ad-Dairobi mengajak seluruh warga pemukiman untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT, agar kampungnya terhindar dari mara bahaya dan kezaliman.

Syekh Ahmad ad-Dairobi juga mengamalkan surah Yasin dan hizib sholawat yang berfungsi untuk membuat iba seseorang, amalan yang bisa membalikkan hati seseorang. Sehingga ketika ada seseorang yang memiliki niat jahat, maka akan dibalikkan hatinya agar menjadi luluh, iba, dan memberikan simpati kepada yang mengamalkan doa.

Menakjubkan! dengan wasilah dan doa istighosah yang telah diamalkan oleh Syekh Ahmad ad-Dairobi beserta warga kampung itu, penguasa yang zalim itu menjadi luluh dan justru memberi simpati. Penguasa zalim itu mengurung niatnya untuk menginvasi pemukiman tersebut, malahan ingin melindungi pemukiman itu dari gangguan penguasa zalim lainnya.

Melihat khasiat dan manfaat mengamalkan doa dan amalan yang ada pada Al-Qur’an, terbesit niat Syekh Ahmad ad-Dairobi menuliskan amalan-amalan yang mujarab itu. Syekh Ahmad ad-Dairobi menuliskan amalan yang pernah digunakan maupun yang diijazahkan dari guru terdahulu, baik itu amalan, doa, wirid-yang dikumpulkan dari riwayat ulama yang telah diterimanya. Dari tulisan-tulisan itulah yang dikumpulkan menjadi Kitab Mujarobat, sebagai wasilah ilmu hikmah perlindungan dan pengobatan.

Kitab Mujarobat

Kitab Mujarobat tersusun atas 36 pasal yang berisi banyak amalan yang menggunakan ayat-ayat dalam Al-Qur’an. Menggunakan ayat-ayat yang ada di dalam Al-Quran adalah salah satu cara mendapatkan keberkahan dan manfaat dari Al-Quran.

Amalan yang ada di dalam Kitab Mujarobat itu adalah seperti 1001 khasiat dan manfaat basmalah, surah al-Fatihah, Ayat Kursi, Surah Yasin, Surah al-Mulk, Surah al-Waqi’ah, Surah al-Qadr, Surah al-Insyirah, dan banyak surat dengan khasiat dan keutamaan lainnya.

Contohya adalah pada pasal 14, Syekh Ahmad ad-Dairobi menjelaskan beberapa amalan yang bermanfaat untuk menyikapi tindak kejahatan. Dengan berpijak pada firman Allah:

Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa. Barang siapa memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.” (QS. as-Syura [42]: 40).

Firman Allah SWT pada QS. as-Syura di atas dijadikan sebagai amalan untuk meluluhkan hati seseorang yang memiliki itikad jahat. Amalan ini menghaluskan hati orang yang berniat jahat agar mendapat hidayah untuk mengurungkan niat jahatnya.

Selain itu, pada Kitab Mujarobat Syekh Ahmad ad-Dairobi juga menuliskan amalan-amalan yang bisa mengobati seluruh penyakit dan menangkal datangnya wabah virus. Rasulullah SAW bersabda:

 “Di dalam al-Qur’an terdapat beberapa ayat, apabila dibaca tiap pagi dan sore hari, dapat menjadi sarana untuk mendapatkan kesembuhan dan perlindungan diri dengan izin Allah. Yakni bacalah secara berurutan QS. ar-Ra’d [13]: 31, lalu QS. Thaha [20]: 105-107, lalu QS. Al-Hasyr [59]: 21-24 dan QS. an-Naml [27]: 88, seraya menantang eksistensi penyakit.” Wallahu A’lam bis Shawab.

Dan masih banyak lagi setiap pasal yang terdapat pada Kitab Mujarobat untuk diamalkan oleh orang-orang yang membutuhkannya untuk mengobati penyakit, menyelesaikan persoalan dan hajat-hajat lainnya.

Khasiat Kitab Mujarobat

Kitab ini salah satu yang terkenal di masyarakat sebagai kitab yang berisi amalan-amalan khusus untuk membantu seseorang menunaikan hajatnya. Hajat yang ingin dicapai oleh seseorang melalui amalan-amalan di dalam Kitab Mujarobat ini macam-macam.

Sangat mungkin seseorang yang mempelajari amalan-amalan dari Kitab Mujarobat ini bisa menjadi pawang hujan, penyembuh penyakit, ahli hikmah, guru spiritual dan sebagainya. Jika digunakan untuk kebaikan dan membantu orang lain, sembari meningkatkan kualitas keimanan kepada AllahSWT. Insya Allah akan diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Sebenarnya banyak sekali manfaat dari Kitab Mujarobat yang diantarnya adalah untuk keselamatan, perlindungan, kenaikan jabatan, ditempatkan pada tempat yang baik dengan orang-orang yang baik pula, disembuhkan dari penyakit, racun, dan wabah lainnya.

Mahabbah: Meningkatkan Daya Kharisma dengan Asmaul Husna
Khasiat Surat Al-Fatihah Sungguh Dahsyat!
Keutamaan Ayat Kursi: Surah Al-Baqarah: 255