Kunci Rumah Tangga Harmonis

kunci rumah tangga harmonis

Kunci rumah tangga harmonis – tak bisa dihindari! Sekali lagi, tak bisa dihindari. Masalah di rumah tangga akan selalu ada sekalipun Anda mencoba untuk menghindarinya.

Saya yakin pasti ada diantara suami atau istri yang mencoba untuk meredam emosi ketika ada suatu permasalahan. Sebenarnya itulah salah satu kunci utama keutuhan rumah tangga, tapi tidak dengan keharmonisan rumah tangga.

Jika Anda mencoba untuk meredam emosi Anda, emosi itu secara otomatis tersimpan di alam bawah sadar, Anda menguburnya hidup-hidup, dan…

Apa yang akan terjadi? Anda sedang membentuk bom waktu, semakin bertambah emosi yang diredam, akan semakin besar ledakannya. Tinggal menunggu [00.00] saja.

Keluarga yang harmonis menurut pakar asmara dan rumah tangga adalah ketika suatu keluarga dapat hidup dengan layak, secara lahir maupun batinnya.

Maksudnya adalah selain berkecukupan, keadaan rumah tangga juga sehat, karena banyak pasangan yang bergelimang harta tapi rawan dengan perceraian, naudzubillah…

Apa Kunci Rumah Tangga Harmonis?

Kunci dari rumah tangga harmonis sudah seharusnya Anda ketahui, seperti halnya kebahagiaan.

Mengapa seperti kebahagiaan?

Anda mungkin sudah akrab dengan frasa “bahagia itu sederhana”, begitulah kunci dari keluarga harmonis

1 Tidak mengejar hal yang sifatnya “muluk-muluk”

Ya, kunci pertama keharmonisan keluarga adalah tidak mengejar suatu hal yang sifatnya “muluk-muluk”, atau yang besar.

Itu adalah hukum alam, “beban berbanding lurus dengan gaya”. Maksud saya adalah jika Anda ingin mengejar suatu hal yang sifatnya duniawi, usaha yang Anda lakukan adalah sama dengan apa yang sedang Anda kejar.

Jika yang Anda inginkan adalah sesuatu yang besar, maka bisa berdampak dengan keadaan keluarga Anda. Anda akan kehabisan waktu untuk memenuhi hasrat Anda, sehingga hubungan Anda dengan pasangan menjadi jauh.

2 Buat waktu untuk Keluarga

Wah, ini adalah salah satu cara yang paling saya pribadi sukai, meskipun sulit ditengah kesibukan yang tinggi.

Tapi ini sangat penting untuk Anda lakukan untuk menjaga keharmonisan keluarga, yaitu dengan membuat waktu untuk keluarga, atau dalam bahasa gaulnya “quality time”.

Cara ini terbukti efektif, saya sering untuk menyarankan kepada para klien untuk melakukan ini.

Karena masalah di keluarga itu datangnya karena kurang dekat dan terlalu sibuk dengan urusan masing-masing. Padahal kehidupan utama dari ‘hidup’ Anda adalah keluarga, bukan meeting di kantor, bukan layar komputer, dan trafik perusahaan.

3 Berbagi hal kecil

Berbagi hal kecil dalam hal ini adalah dengan cara bersifat terbuka kepada pasangan, ceritakan, bagikanlah apa yang sedang Anda dapatkan atau rasakan.

Ini juga salah satu cara untuk menjalin komunikasi aktif dengan pasangan, dibalik kesibukan masing-masing.

Jika Anda bersifat terbuka, maka akan menambah rasa kepercayaan terhadap pasangan, jadikan pasangan Anda sebagai pendengar, begitu juga Anda sebaliknya.

4 Mengingat Kenangan

Kunci ketiga ini mungkin sudah pernah Anda lakukan tanpa Anda sadari, pernahkah Anda dan pasangan di waktu luang.

ah, dulu waktu kamu pertama kali ketemu agaknya malu-malu,” “iya nih, aku pertama ketemu ayahmu gugup,” “kamu dulu belum kumisan, jadi masih imut,” dan sebagainya.

Indah bukan? Ya begitulah kenangan jika Anda ulang dengan pasangan, maka akan memunculkan emosi positif terhadap hubungan Anda ke depan.

Ya, itulah beberapa kunci untuk menjadikan keluarga Anda harmonis, sangat sederhana. Hidup Anda adalah keluarga, pasangan Anda adalah orang yang telah Anda pilih dan dipertemukan oleh Allah SWT untuk Anda.

Jadi, jagalah, rawatlah, dan pupuklah, maka keluarga akan menjadi suatu hal yang berharga bagi hidup Anda, harmonis.

Untuk konsultasi rumah tangga dengan pakar asmara dan rumah tangga, silakan Klik Icon di bawah ini: