Bodoh! Jika Meditasi untuk Ketenangan, Ini Kiat-kiat Meditasi

meditasi untuk ketenangan

Meditasi untuk ketenangan – Jika sampai sekarang mindset Anda tentang meditasi untuk ketenangan, Anda berada di tempat yang tepat. Karena meditasi bukanlah untuk ketenangan, jika mencari ketenangan, maka Anda akan gagal.

Banyak orang yang mengalami kesulitan meditasi dan akhirnya menyerah karena menganggap meditasi untuk ketenangan, mereka adalah orang gagal yang tidak memiliki kunci.

Jika Anda mencari ketenangan dengan meditasi, maka hidup Anda akan dipenuhi dengan kegelisahan. Karena meditasi bukan untuk mencari ketenangan.

Sebelum Anda menemukan cara dan kunci untuk meditasi, silakan baca apa itu meditasi dan manfaat meditasi terlebih dahulu. Karena di sini kami hanya menjelaskan cara dan kunci meditasi untuk Anda.

Baik, jika sudah mengerti, maka saatnya Anda mengetahui cara meditasi mudah. Jika Anda adalah pemula, maka perhatikan dulu kiat-kiat meditasi atau Kunci Utama berikut ini terlebih dahulu sebelum lanjut:

Lepaskan Semua Keinginan

Ya, lepaskan semua keinginan dan tujuan Anda. Meditasi adalah untuk meditasi, meditasi meninggalkan sesuatu hal yang Anda inginkan.

Mengapa begitu?

Karena keinginan yang masih mengganjal atau terselip di dalam pikiran itu akan menjadi beban Anda selama meditasi.

Maka dari itu tinggalkan (jangan lupakan, jika Anda mencoba untuk melupakan justru akan teringat) itu lah prinsip pikiran sadar.

Pernafasan

Ada beberapa teknik pernafasan, kabanyakan orang salah dalam mengartikan teknik pernafasan.
Dalam bermeditasi, Anda tidak perlu terlalu berfokus pada pernafasan. Ikutilah pernafasan yang akan kami jelaskan, tujuannya agar Anda rileks, bukan untuk berfokus pada pernafasan!

Perhatian dan Konsentrasi

Perhatian ini maksudnya adalah Anda memberikan perhatian penuh pada meditasi, erat kaitannya dengan fokus.
Memberikan perhatian di sini berarti memberikan secara penuh tenaga, emosi, perasaan, dan pikiran Anda pada proses meditasi.
Konsentrasi di sini berperan untuk memberikan secara penuh pikiran Anda pada suatu objek yang dirasakan melalui panca indera ketika proses meditas (bisa berupa suara air, suara burung, atau musik-musik yang memiliki gelombang kurang lebih 4-7 Hz.).

Mengalir

Nah, ini yang jarang banyak diketahui dan mungkin tidak dijelaskan oleh beberapa sumber. Mengalir atau dalam istilah yang populer “the concept of flow“.
Artinya Anda harus mengalir seperti air mengikuti ritme jiwa, menerima semua energi Alam yang masuk ketika Anda bermeditasi.
Lepaskan semua urusan dunia, ingat, lepaskan bukan lupakan!

Konsistensi

Hal terakhir dan tidak kalah penting adalah konsisten dalam menjalankannya, merasakan manfaat dari meditasi bukan hanya didapat dari sekali-duakali meditasi.
Pada fase pertama mungkin Anda akan mendapat pembersihan dahulu, atau bahkan hanya rasa rileks. Oleh karena itu lakukan secara konsisten/istiqomah.
Misalnya 3 kali dalam Seminggu, atau setiap hari selama 10 menit di pagi hari.

Setelah mengetahui kiat-kiat dalam meditasi, barulah Anda patut untuk mencoba cara meditasi yang mudah. Semua orang bisa melakukannya.

Bagaimana dengan Fokus?

Hal paling utama yang harus didapatkan adalah fokus, ya kunci utama dari meditasi adalah fokus pada proses meditasi.

Tapi kami sarankan Anda untuk tidak mencoba untuk fokus, karena dalam meditasi, fokus itu adalah sebuah satu kesatuan, atau fokus adalah meditasi itu sendiri.
Ini adalah salah satu masalah yang paling utama, penyebab kegagalan orang-orang dalam melakukan meditasi.
Meninggalkan segala sesuatu yang sifatnya membebani, dan keinginan-keinginan.

BACA >>> Cara Meditasi Mudah untuk Pemula