Arti Mimpi Bertemu dengan Orang yang Sudah Meninggal

mimpi bertemu orang yang sudaah mati

Mimpi bertemu orang yang sudah meninggal mungkin sudah pernah dialami oleh banyak orang. Tanpa mengetahui arti dibalik mimpi itu, tentu kita akan merasa was-was. Menjadi takut hal yang tidak diinginkan terjadi. Apalagi orang yang kita temui di mimpi sudah lama meninggal. Entah itu ayah, ibu atau orang-orang yang kita sayangi-pacar yang mendahului kita.

Kebanyakan orang menafsirkan mimpi bertemu orang yang sudah meninggal adalah pertanda buruk. Sering diartikan bahwa “tandanya sebentar lagi kamu dijemput”. Atau bahkan akan ada musibah yang menimpa keluarga.

apakah benar begitu?

Untuk menghindari kesalah pahaman yang terjadi selama ini. Di sini akan kami sampaikan tafsir mimpi oleh ahli takwil Ibnu Sirrin.

Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Muhammad Ibnu Sirrin menggaris bawahi arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal diartikan sebagai pertanda baik. Karena Orang yang memimpikan akan mendapatkan jalan keluar atas kesulitan yang dialaminya. Memperbaiki segala urusan yang kacau balau, mendapat kemudahan untuk menyelesaikan urusan tersebut. Dan kemudahan itu didapat dengan cara yang tak disangka-sangka.

Ibnu Sirrin juga menjelaskan arti mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal dengan gambaran wajahnya.

1 Wajahnya Tersenyum

Mimpi melihat orang yang sudah meninggal dan kita mengenalnya. Dan dia menunjukkan wajah tersenyum, berarti keadannya baik di sisi Allah karena mereka berada di negeri yang haqiqi.

2 Wajahnya Sedih

Mimpi melihat orang yang sudah meninggal dengan raut wajah sedih. Maka dia (orang yang meninggal) berada dalam keadaan yang buruk di sisi Allah. Dia menunjukkan raut wajah sedih karena penyesalan selama hidupnya.
Mimpi ini memiliki nasihat bagi si pemimpi. Karena Rasulullah saw bersabda:

“Cukuplah kamu dinasihati dengan mimpi yang dialaminya.”

Maka mimpi tersebut sebagai mengingat untuk terus melakukan kebaikan.

3 Wajahnya Ceria tapi Diam

Mimpi melihat orang yang sudah meninggal dan kita mengenalnya. Jika dia menunjukkan wajah yang ceria tapi tidak mau berbicara. Berarti dia merelakan kebaikan kebaikannya kepada orang yang memimpikan setelah mati. Seperti harta peninggalan, orang yang disayang dan lainnya.

4 Tertawa

Jika mengalami mimpi orang yang kita kenal sudah meningal menemui kita dalam mimpi. Dan dia tertawa kepada kita, artinya dosa-dosa yang dipebuat selama hidupnya telah diampuni oleh Allah SWT.

Jika orang yang sudah meninggal tersebut dimimpikan menghampiri si pemimpi, artinya dirinya (orang di dalam mimpi) sangat berterima kasih kepada si pemimpi. Entah telah dilakukan atau dijaga wasiatnya. Seperti memiliki hubungan baik dengan keluarganya.

5 Mengenakan Mahkota atau Perhiasan lainnya

Bertemu dengan orang yang sudah meninggal dan dia memakai mahkota. Berarti orang dalam mimpi tersebut mati dalam keadaan syahid. Orang yang mati dalam keadaan syahid juga digambarkan dengan mimpi bertemu orang yang mengenakan baju serba hijau.

Mimpi yang seperti ini menunjukkan keadaan keluarga yang ditinggalkan dalam kebaikan. Hingga keturunannya di dunia.

6 Mayatnya Telanjang

Inti dari mimpi bertemu orang yang sudah meninggal. Artinya dia (orang yang dimimpikan) tidak pernah meninggalkan kebaikan di dunia ini untuk keturunannya. Mimpi ini berbanding terbalik dengan mimpi sebelumnya.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami mimpi di atas?

Pada dasarnya mimpi bertemu orang yang sudah meninggal adalah sebagai nasihat bagi kita. Utamanya adalah untuk senantiasa menambah kebaikan, dan mengurangi keburukan.

Terkadang kita mungkin merasa sangat kehilangan. Muncul kerinduan untuk bertemu kembali. Terus memikirkannya sampai terbawa mimpi. Karena mimpi berasal dari tiga hal. Yang dapat dibaca artikel di bawah ini.

Mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal, berarti juga orang tersebut (orang yang meninggal) meminta untuk didoakan. Karena doa dari anak-anak sholeh akan tetap diterima bagi orang yang sudah meninggal sekalipun.

Makna Bermimpi Membaca Surat dalam Al-Qur’an
Mimpi Menikah dan Bersenggama, Ketahui Maknanya menurut Ahli Tafsir Mimpi
Makna Bermimpi tentang Kematian menurut Ahli Takwil
Makna Mimpi Mengendarai Mobil: Penumpang, Kecelakaan, hingga Mogok di Jalan
Pengertian: Mukjizat, Karomah, dan Maunah